Desa Wisata Pulau Kelapa

Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Pulau Kelapa

Pulau Kelapa adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Terdapat 36 pulau di kelurahan ini, 2 pulau dihuni dan 34 pulau tidak berpenghuni. Populasi penduduk berjumlah 6.661 jiwa, Rt berjumlah 31 sedangkan Rw berjumlah 5 dengan jumlah KK 1.865.

Keberagaman budaya Desa Wisata Pulau Kelapa baik dari kuliner,religi,suku,bahasa,dan adat istiadat menjadi daya tarik tersendiri maka tak heran banyak yang bilang bahwa pulau kelapa adalah miniaturnya Indonesia. Percampuran budaya di pulau kelapa menghasilkan budaya baru tentu saja tanpa menghilangkan budaya asalnya, salah satu contohnya adalah prosesi pernikahan.

Keindahan Alam akan keberagaman Biota Laut dan Ekosistemnya serta ke eksotisannya tentu saja sangat terkenal dan me-legenda bagi wisatawan baik lokal maupun Internasional sehingga menambah daya tarik setiap pengunjung yang datang ke Desa Wisata Pulau Kelapa.

Keunggulan lainnya adalah kawasan Desa Wisata Pulau Kelapa berada di kepulauan Seribu sesuai Peraturan Pemerintah sebagai KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) dan mendapatkan penghargaan Asian Heritage Park serta satu-satunya Taman Nasional Laut yang berada di Ibu Kota Negara Indonesia.

Pelabuhan kaliadem dan Pelabuhan Marina Ancol adalah pelabuhan yang sering dikunjungi wisatawan untuk menyebrang ke Pulau Seribu,pelabuhan ini pun sangat dekat dengan bandara Soekarno-Hatta,cengkareng yang hanya waktu tempuh 15 menit ke bandara. Jarak menuju ke Desa Wisata berkisar 40 mil atau sekitar 3 Jam menggunakan kapal Tradisional dari Pelabuhan kaliadem, dan berkisar 1,30 menit menggunakan kapal speed boat dari pelabuhan Marina Ancol.

Potensi ini tentu saja tidak dapat di sia-siakan begitu saja dengan komitmen dan kerjasama maka akan sangat mudah mendatangkan wisatawan ke Pulau Kelapa serta mengembangkan Desa Wisata menjadi lebih Mandiri ke depannya.

Dengan keyakinan bersama akan pengembangan Desa Wisata menjadi lebih Maju serta Mandiri dibutuhkan komitmen dan keseriusan pengelola Desa Wisata bersama team serta dukungan stake holder terkait sangat penting demi tercapainya kemandirian Desa Wisata Pulau Kelapa.





Fasilitas

Areal Parkir

ATMs

Balai Pertemuan

Cafetaria

Jungle Tracking

Kamar Mandi Umum

Kios Souvenir

Kuliner

Musholla

Outbound

Selfie Area

Spot Foto

Tempat makan

Wifi Area

Atraksi

Produk Wisata

Produk Kuliner