Desa Wisata Sidareja Peninis

Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

Sidareja Peninis

 

CARTOON VILLAGE SIDAREJA

“Desa Kartun Pertama di Indonesia“

Salah satu desa yaitu Desa Sidareja Peninis tengah memiliki profile yang cukup memprihatinkan yaitu 50% dari jumlah total KK ( 1450) adalah dibawah Kemiskinan. Adapun kami para penggiat sedang berupaya membangun Desa Tersebut menjadi Desa wisata, adapun dengan beberapa persiapan yang sedang dikembangkan Desa kami Sidareja Peninis nantinya akan menjadi Desa Kartun Pertama di Indonesia sebagai Desa Kartun dan juga menawarkan keindahan Alam Indonesia ( batu Barut , Batu Peninis , Sungai Peninisan, Batu Besar Melayang) .

Tentu saja kartun disini merupakan tools yang dipilih karena bahasa yang paling dekat dengan generasi saat ini yaitu generasi Z dan £ merupakan generasi yang sangat terpapar dengan kartun dan games animasi. Oleh karenanya kartun kami pilih dalam misi membangkitkan kembali dengan kecintaan budaya Indonesia & tradisinya. Dan terdapat para seniman Jogja – Solo – Semarang dan Jakarta yang juga ikut berkontributor sketsa yang akan dipaparkan di desa ini.

Cartoon Village Sidareja akan dihiasi dengan 88 Rumah Kartun dimana tidak hanya menyediakan suatu tempat yang instagramable tetapi perjalanan menyusuri desa kartun yang bercerita ttg tradisi nenek moyang jaman dahulu . Dimana kartun yang ada di Rumah warga akan bercerita tentang Legenda Desa, makanan tarian permainan ataupun tradisi jaman dahulu. Saat ini kami sedang berbenah mempersiapkannya dan dengan menyempurnakan dengan sentuhan pagelaran berbagai bidang seni yang sedang berproses di Art Space Kie Art Cartoon School . Tahun 2021 menjadi tahun dimana kami akan membuka desa ini , Salam Budaya





Fasilitas

Areal Parkir

Balai Pertemuan

Jungle Tracking

Musholla

Selfie Area

Spot Foto

Atraksi

Produk Wisata

Produk Kuliner