Desa Wisata Muncar Moncer

Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Muncar Moncer

Muncar_Moncer “Place of Serenity”

“Bersenyum untuk Temanggung, Kota Santun Berbudaya, Surga Tersembunyi Jawa”

Desa Muncar Moncer sebuah desa Desa Wisata yang berada di Kecamatan Gemawang,  Kabupetan  Temanggung, Jawa Tengah. Sebuah kota yang secara geografis berada dititik tengah pulau Jawa. Secara history merupakan titik pusat peradaban Mataram Kuno yang melahirkan keturunan raja-raja Jawa. Dengan Komoditi andalan berupa tanaman  Kopi, Tembakau, Panili, Cengkeh, tak heran kota ini di juluki sebagai  kota “Bumi Phala”. Dan dalam catatan VOC Temanggung dikatakan sebagai tanah terbaik di Jawa dengan karakterisitik yang unik dan berbeda dalam pengembangan komiditi dan pemasok phala.

Tepat dipaling sisi utara ujung perbatasan kota  Desa Wisata Muncar Moncer berada. Secara filosofi nama “Muncar” yang berarti Cahaya, Pesona, Kedigdayaan” dan “Moncer” yang berarti Kejayaan, Kesejahteraan,Kemakmuran”. Secara history cerita, desa ini berdiri atas pertikaian dua Raja Kiageng Ari Anak dan Ki Ageng Kari Nongko. Dengan kekuatan bala tentara pasukan elang  Jawa dan tikus. Maka tak heran kalau disini masih terdapat 8 ekor elang jawa dan perbukitan yang dibuat rumah oleh ratusan ribu tikus. Makam pendahulu berada di Dusun Muncar Lor Sudimoro dan sebagai bukti masih terdapat mahkota yang ditinggalkan.

Bukti prasasti VOC 1619  yang berada di bukit Tanggulangsi desa Muncar, menandakan bahwa Muncar desa terbaik untuk pengembangan budidaya kopi Robusta. Selain itu terdapat komoditi andalan lain, seperti panili, cengkeh, kemukus, aren, pisang tanduk khas Desa Muncar. Sebagai langkah, untuk mengangkat kopi tepat tahun 2019 kami membuat event “Festival Panen Raya Kopi Sang Intan Merah Bumi Phala” dan lomba tarung seduh barista tingkat jateng DIY “Muncar Fun Brewing V60 Competition”. Keduanya telah menjadi Calender of Event (CoE) andalan dan tahunan disetiap bulan Juli dan Agustus. Disamping juga memiliki event rutin upacara desa seperti Suronan, Sadranan, Wiwit Kopi dan Padi Dewi Sri 

Tahun 2018 kami memulai berbenah untuk mengembangkan desa kami sebagai kawasan pariwisata pedesaan dengan memoles segala potensi dan daya tarik yang ada. Mimpi kami, meski berada dipaling ujung Temanggung, Muncar_Moncer bisa menjadi corong destinasi desa wisata unggulan. Maka langkah pertama sebagai Branding dan Advertising, kami membuat tagline Muncar_Moncer, “Place of Serenity”. Bahwa desa wisata Muncar_Moncer memang benar-benar bisa dan ingin menunjukan nuansa yang begitu nyaman. Baik kenyamanan dari kondisi dalam menikmati bentang alamnya, banyak yang menyebut tanah Muncar Moncer sebagai “Balinya Jawa Tengah”. Juga kenyamanan dari kearifian lokal masyarakat desa itu sendiri.

Desa Wisata Muncar-Moncer memiliki daya Tarik baik wisata alam ,budaya dan buatan. Yang menjadi ikon adalah pemukiman dengan hamparan terasering persawahan ala ubud yang dikelilingi perbukitan melingkar. Dan saat ini sudah dibuat jembatan sawah dengan beberapa gazebo tanpa merubah alih fungsi lahan persawahan. Selain itu terdapat Air Terjun Curug Lawe setinggi 250m dengan keunggulan hutan tropisnya. Kawasan hutan pinus dan Permukiman Sunrise Dusun Blawong yang sering disebut “Korea van java”. Sebuah pemukiman yang berada ditepi patahan lembah dengan jajaran bentangan pegunungan dan perbukitan, desa diatas kabut lembah. Dalam upaya menunjang kebutuhan activity kami membuat beberapa paket diantaranya Sunrise Picnic at lembah Blawong, LunchPicnic at Curug Lawe Waterfall,Sunset picnic at Jembatan Sawah.

Kemudian dalam hal edukasi kami mengembangkan sekolah kopi dari proses menanam, pasca panen , pengolahan dan kelas barista ada gedung Industri Unit Pengolah Hasil (UPH). Mengembangkan budidaya  laboratorium minapadi pertanian system minapadi yang sering didatangi mahasiwa. Jelajah Jeep tour Forest Muncar Moncer mengelilingi seluruh kawasan desa. Belajar membuat gula aren, gula semut dan budidaya madu lanceng.  Paket Garden Coffe Trip serta memandikan sapi di bawah Jembatan gantung tlogowungu yang menghubungkan desa masuk hutan. Untuk wisata mancanegara live in  sering kali melakukan aktivitas membajak sawah dan menanam padi. Yang tak kalah menarik kami juga memiliki paket atraksi Birding Tourism melihat sekawanan Burung Elang Jawa yang sering terbang diatas desa. Untuk kesenian kami memiliki seni asli Kuda Lumping atau yang disebut Jaran Kepang dan Sandulan disetiap Dusun. Dalam hal amenitas penunjang fasilitas, saat ini kami memiliki 15 homestay dengan standar regular dan premium. Salah satu yang premium adalah Homestay Rumah Kepala Suku Muncar_Moncer  bergaya Klasik kontemporer Jawa dan Bali.

 Sebagai desa wisata berbasis Pancasila terdapaat 3 rumah Ibadah Masjid, geraja, dan Vihara. Fasilitas toilet kami lebih memanfaatkan toilet warga untuk perputaran ekosistem ekonomi. Dalam menunjang standar CHSE kami menyiapkan tempat cuci tangan portable desetiap titik objek dan penginapan. Dalam hal kuliner kami memiliki menu andalan pecel pondoh khas Kec. Gemawang, Nila Bakar hasil asli budidaya, Minuman Kopi, Bandrek, minuman gula semut jahe, keripik daun kopi, keripik bonggol pisang. Dalam hal kriya kami bekerja sama dengan desa sebelah dalam pengembangan kain batik motif kopi. Sekaligus pengembangan seni kriya budidaya tanaman Bonsai. Semuanya dikelola dengan pola kerjasama mitra (partnership) antara kelompok sadar wisata Muncar Moncer, Karang Tarunan antar dusun, Pemdes, Gabungan kelompok petani, serta para pelaku industry Ibu-ibu UMKM, serta pendamping mandiri., DSA Temanggung.

 

Ayo Visiting Muncar_Moncer 2021

Instagram @Muncar_Moncer

Youtube Desa Wisata Muncar Moncer Temanggung

Google maps Muncar Moncer Temanggung





Fasilitas

Areal Parkir

ATMs

Balai Pertemuan

Cafetaria

Jungle Tracking

Kuliner

Musholla

Outbound

Selfie Area

Spot Foto

Tempat makan