Desa Wisata Air Saga

Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Air Saga

DESA WISATA AIR SAGA

Desa Air Saga  masuk dalam Kecamatan Tanjungpandan dengan jumlah penduduk 10.273 jiwa dan luas wilayah 1.600  hektar yang mana sebagian besar wilayah merupakan daerah pesisir. Adapun  mayoritas mata pencaharian dibidang perikanan sebagai nelayan, pertanian dan perdagangan. Kondisi lingkungan dan hutan di desa  didominasi oleh hutan mangrove, gelam. Desa Air Saga terletak di Kecamatan Tanjungpandan kabupaten Belitung Prop.Kep.Babel. Dengan sebelah barat berbatasan dengan selat gaspar, sebelah utara dengan Desa Batu Itam, sebelah timur dengan Desa Aik Pelempang Jaya sedangkan sebelah selatan dengan Kelurahan Tanjungpendam.

Selain potensi hutan mangrove, Desa Air Saga memiliki potensi terumbu karang yang terletak diantara gugusan karang kijang dan pulau kalimambang yang terletak disebelah barat perairan Air Saga. Dan mempunyai Hutan Produksi dengan luas 132 Ha dibagian timur Desa Air Saga. Juga wilayah sekitar sungai kubu merupakan tempat ekosistem ikan yang sangat banyak.

Kondisi hutan Mangrove di pesisir dan Das Sungi kubu sekarang ini perlu untuk terus dijaga karena di beberapa tempat mulai terjadi perambhan dan perusakan mangrove dan menjadi tempat pembuangan limbah dan daerah penambangan timah secara illegal dan ini menjadi keperihatinan masyarakat nelayan sekitar Das Sungai Kubu,

Oleh karena itulah melalui tekad bersama masyarakat Desa Air Saga yang tergabung dalam kelompok Pengelola Jasa Lingkungan Suak Parak, kami berusaha untuk menjaga kawasan hutan Mangrove Das Sungai Kubu baik itu hutan yang terdapat didaratan dan hutan mangrove serta Pesisir dan terumbu karang.

Mengingat kawasan hutan Das Sungai Kubu mempunyai banyak potensi untuk di kembangkan dalam pengelolaan Jasa Lingkungan secara lestari melalui pengembangan Ekowisata dan bisa menjadi daerah destinasi baru sebagai hutan wisata mangrove di tengah kota  yang nantinya dapat menopang dan mensejahterakan kelompok masyarakat dan meningkatkan perekonomian Desa Air Saga pada umumnya.

 

MAKSUD DIBENTUKNYA DESA WISATA AIR SAGA

  • Agar munculnya daerah destinasi Wisata baru di dekat pusat kota Tanjungpandan;
  • Memberikan kesempatan yang sama pada masyarakat di sekitar hutan mangrove, Perkebunan, dan pesisir pantai untuk mengembangkan diri dan berpikir cerdas dalam meningkatkan penghasilan kelompok dan masyarakat, melalui pengelolaan alam secara lestari;
  • Menjadi Sarana Edukasi bagi generasi penerus yang sadar lingkungan;
  • Adanya usaha bersama untuk mengamankan kawasan Das, Hutan Produksi, dan Hutan mangrove serta pesisir pantai.

 

TUJUAN DIBENTUKNYA DESA WISATA AIR SAGA

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pemanfaatan sumber daya hutan mangrove, Hutan Produksi, dan Pesisir Pantai secara optimal, adil dan berkelanjutan dengan tetap menjaga kelestarian fungsi hutan dan lingkungan hidup. serta mengajarkan kepada generasi penerus akan pentingnya sadar lingkungan.

 

POKOK-POKOK DIBENTUKNYA DESA WISATA AIR SAGA

Inti pokok perencanaan pembentukan Desa Wisata Air Saga

  1. Pelestarian dan Wisata Mangrove, Perkebunan, dll;
  2. Budidaya perikanan;
  3. Wisata Bahari & Agro;
  4. Konservasi Mangrove & Pemanfaatan Hutan Produksi;
  5. Ekonomi Kreatif.

Demikian beberapa hal yang bisa Kami sampaikan, akhir kata kami ucapkan Terimakasih.





Fasilitas

Areal Parkir

Jungle Tracking

Kamar Mandi Umum

Kuliner

Selfie Area

Spot Foto

Tempat makan

Produk Wisata

Produk Kuliner