Desa Wisata Hegarmukti

Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Hegarmukti

Desa Wisata Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat adalah salah satu desa wisata yang menjadi icon pariwisata Kabupaten Bekasi. Situ Rawabinong menjadi keunggulan Desa Wisata Hegarmukti yang bertujuan meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berwawasan lingkungan.

Sebagai salah satu sasaran icon pariwisata Kabupaten Bekasi, Situ Rawa Binong memiliki banyak potensi wisata unggulan, yaitu pemandangan air yang tenang, sejuk dan nyaman sebagai tempat berteduh, sajian kuliner khas warga setempat dan area mancing gratis dan atau sekedar menikmati wahana air berupa Bebek Gowes dan bersepeda santai di sepanjang bibir Situ Rawabinong.

Objek wisata Situ Rawabinong sangat strategis, berada di tengah kawasan Industri besar Asia sekelas Delta Mas, Jababeka, Lippo Cikarang, Kawasan Industri Terpadu Indonesia China (KITIC) dan Greenland International Indistrial Centre (GIIC).

Lalu memiliki akses terdekat ke pintu tol Cikarang Pusat hanya 1 menit dan dukungan infrastruktur jalan beraspal yang sangat lebar, selebar row 12.

Potensi Desa Wisata Hegarmukti tidak hanya Situ Binong. Tapi, nilai budaya yang menjadi daya tarik utama berupa upacara Sedekah Bumi yang menjadi tradisi adat tahunan masyarakat.

Momen adat tersebut selalu ditunggu-tunggu, baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena, selain dipandang unik dan menarik di dalamnya terdapat nilai budaya berupa tradisi ruwatan, ngawinkeun cai, potong hewan kerbau, ngarak tumpeng, persembahan hasil bumi dan pagelaran seni tradisional yang merupakan khazanah seni budaya asli Indonesia.

Situasinya menggambarkan kehidupan masyarakat tempo dulu, mulai dari busana yang dikenakan masyarakat dan jajanan tradisional yang disediakan masing-masing RT dan RW. Bagi wisatawan yang menyenangi kesenian tradisional, dapat berkunjung ke Sanggar Seni Cahaya Gumelar di kampung budaya Desa Hegarmukti.

Di tempat ini, wisatawan dapat mempelajari kesenian tradisional, dan atau foto selfie sambil memainkan alat musik tradisional. Tidak jauh dari lokasi wisata Situ Binong, terdapat rumah budaya yang masih terawat. Rumah panggung berbahan papan ini setiap bagiannya memiliki makna berupa unsur filosofis yang sarat dengan nilai-nilai religius, kepercayaan, norma dan budaya adat Kabupaten Bekasi.

Ada warisan budaya di Desa Wisata Hegarmukti, yakni sebuah tradisi yang dilakukan secara turun temurun setiap bulan maulud, berupa Sedekah Bumi. Selain untuk menghormati leluhur, tradisi ini diyakini mengandung ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa a t a s b e r k a h y a n g d i t e r i m a d a r i S a n g M a h a K u a s a A l l a h Subhanahu wataala.

Di dalamnya terdapat kegiatan seni budaya yang dikemas secara alamiah tradisional sehingga menarik perhatian dan selalu dibanjiri pengunjung. Bumdes hegarmukti Lestari mengambil warisan adat budaya ini sebagai kalender pariwisata yang bertujuan untuk mempromosikan seluruh komponen pariwisata yang terdapat di Desa Wisata Hegarmukti. Dalam pengelolaan Desa Wisata Hegarmukti, Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Hegarmukti Lestari melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Hegarmukti, Sanggar Seni Tradisional Cahaya Gumelar, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), dan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya. Tentunya keterlibatan perangkat desa sangat berperan dalam pengelolaan Desa Wisata Hegarmukti.





Fasilitas

Areal Parkir

ATMs

Balai Pertemuan

Cafetaria

Jungle Tracking

Kamar Mandi Umum

Kios Souvenir

Kuliner

Musholla

Outbound

Selfie Area

Spot Foto

Tempat makan

Wifi Area