Desa Wisata Kreatif Terong

Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Kreatif Terong

Merupakan sebuah desa yang terletak di jalur utama Pariwisata Belitung. Lokasinya sangat strategis karena jarak yang dekat dengan semua titik utama destinasi wisata Belitung. Dari Bandara Internasional HAS Hanandjoedin hanya perlu waktu tempuh 25 - 30 menit, ke pusat Kota Tanjungpandan hanya butuh waktu 10 - 15 menit dan ke Destinasi Wisata Pantai Tanjung Kelayang atau Pantai Tanjung Tinggi hanya butuh waktu 15 - 20 menit. Kondisi Desa Wisata Kreatif Terong sangat kaya akan potensi alam pantai, mangrove, perkebunan masyarakat dan daerah perbukitan yang sangat cocok untuk aktifitas hiking maupun kawasan camping ground yang eksotik. Rata-rata masyarakatnya adalah nelayan tradisional, petani dan pekebun. Secara garis besar potensi wisata di Desa Wisata Terong dibagi menjadi :

1. Wisata Alam, terdiri dari wisata perbukitan (Bukit Tebalu Simpor Laki), Wisata Agro, Wisata Pantai dan Mangrove.

2. Wisata Budaya, berupa kegiatan seni tari tradisional dan musik Gambus yang tergabung dalam Sanggar Tari Aik Rusa Berehun serta semua hal yang berkaitan dengan adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat Desa Wisata Kreatif Terong.

3. Wisata Buatan, yaitu berupa lokasi meeting point sekaligus lokasi berbagai kegiatan wisata edukasi bernama Wisata Aik Rusa Berehun yang memanfaatkan bekas tambang timah milik masyarakat yang di reklamasi secara swadaya oleh komunitas sehingga menjadi kawasan yang hijau kembali dengan ditanami tumbuhan dan dibangun berbagai fasilitas serta sarana prasarana wisata seperti pondok tempat pertemuan, kantin, mushallah, toilet, dapur tradisional untuk masak, cottage tempat menginap, warung untuk jualan UMKM serta tempat pertunjukkan seni tari dan musik Gambus.





Fasilitas

Areal Parkir

Balai Pertemuan

Jungle Tracking

Kamar Mandi Umum

Kios Souvenir

Kuliner

Musholla

Outbound

Selfie Area

Spot Foto

Tempat makan